01 September 2016

Modul Guru Pembelajar MATEMATIKA

Dalam rangka memetakan kompetensi para guru, Pemerintah telah melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) pada tahun 2015. Dan UKG tersebut dilaksanakan bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat dengan tujuan untuk memperoleh gambaran objektif kompetensi guru, baik kompetensi profesional maupun pedagogik. Dari hasil UKG dapat diketahui kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG tahun 2015 diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar pada tahun 2016 ini, yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Setelah Bapak Ibu Regristrasi Akun Guru Pembelajar, maka akan mendapatkan SURAT PEMBERITAHUAN AKSES LAYANAN GURU PEMBELAJAR ONLINE DIRJEN GTK KEMENDIKBUD, dan mendapatkan Rapor UKG. Dan pada saat kita melihat rapor UKG tahun 2015 itu, maka Bapak dan Ibu Guru akan mengetahui moda diklat yang akan Bapak dan Ibu Guru ikuti.

Sekedar mengingatkan bahwa ada 3 moda diklat pasca UKG 2015 yang akan mulai dilaksanakan September 2016 ini, yaitu:
moda tatap muka (luring/di luar jaringan internet/offline)
moda kombinasi (tatap muka dan daring/dalam jaringan)
moda online (daring/dalam jaringan internet).
Jenis atau moda diklat yang akan diikuti tergantung pada jumlah modul yang harus diulang (didiklat). Untuk semua guru, pada semua jenjang (dasar atau menengah), ada 10 modul yang disediakan dan diberi kodeA sampai J. Topik setiap modul berbeda-beda tergantung jenis guru (apakah pada jenjang dasar atau menengah dan jenis mata pelajaran yang diampu). Sedangkan klasifikasi guru berdasarkan moda diklat yang harus diikutinya dalam Program Guru Pembelajar adalah sebagai berikut.
Guru dengan 8 sampai 10 modul merah
harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Tatap Muka.
Guru dengan 6 sampai 7 modul merah
harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Kombinasi (Tatap Muka yang dikombinasi Daring/Online).
Guru dengan 3 sampai 5 modul merah
harus mengikuti Program Guru Pembelajar moda Daring/Online.
Guru dengan 0 sampai 2 modul merah
akan difasilitasi untuk menjadi Instruktur Nasional dalam Program Guru Pembelajar.
Walaupun menjadi instruktur nasional atau mentor, guru dengan 1 atau 2 modul merah tetap harus mengikuti diklat dengan moda daring (online) agar semua mencapai Kriteria Capaian Minimal (KCM) dan tak ada lagi batang berwarna merah pada raport UKGnya. Diklat yang diikuti guru pembelajar akan berbeda-beda bergantung pada bagian modul mana ia masih belum mencapai Kriteria Capaian Minimal (KCM) yang ditunjukkan oleh warna merah pada raport UKGnya. berikut ini ISI MODUL GURU PEMBELAJAR MAPEL MATEMATIKA SMP KELOMPOK KOMPETENSI A KARAKTERISTIK SISWA SMP DAN BILANGAN Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Perkembangan Emosi, Sosial, dan Intelektual Siswa
2
Potensi dan Kesiapan Siswa dalam Belajar Matematika
3
Kesulitan Belajar Siswa
KELOMPOK KOMPETENSI B TEORI BELAJAR, HIMPUNAN, DAN LOGIKA MATEMATIKA Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Teori Belajar Behavioristik
2
Teori Belajar Vygotsky
3
Teori Belajar van Hiele
4
Teori Belajar Ausubel
5
Teori Belajar Bruner
KELOMPOK KOMPETENSI C MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA, STATISTIKA DAN PELUANG Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran.
2
Prinsip pembelajaran.
3
Model pembelajaran berbasis Discovery Learning.
4
Model pembelajaran berbasis Problem Based Learning.
5
Model pembelajaran berbasis Project Based Learning.
6
Pendekatan Open-Ended.
7
Pendekatan Cooperative learning.
8
Pendekatan Differentiated Instruction.
9
Model pembelajaran berbasis Project Based Learning.
KELOMPOK KOMPETENSI D KURIKULUM MATEMATIKA 1, SEJARAH FILSAFAT DAN ALJABAR 1 Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Pengembangan kurikulum, SKL, KI, KD, dan indikator.
2
Karakteristik dan tujuan mata pelajaran.
3
Desain pembelajaran saintifik.
KELOMPOK KOMPETENSI E KURIKULUM MATEMATIKA 2 DAN ALJABAR 2 Modul ini memuat tiga kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
1
Kegiatan Pembelajaran-1 (KP-1):
Analisis muatan kompetensi dasar dan tujuan mata pelajaran Matematika SMP
2
Kegiatan Pembelajaran-2 (KP-2):
Pengembangan IPK dalam pembelajaran Matematika SMP
3
Kegiatan Pembelajaran-3 (KP-3):
Pemilihan dan penataan materi/bahan pembelajaran Matematika SMP
KELOMPOK KOMPETENSI F RANCANGAN PEMBELAJARAN DAN GEOMETRI 1 Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Prinsip pembelajaran, hakikat RPP, dan prinsip penyusunan RPP
2
Sistematika, komponen RPP, dan langkah penyusunan RPP
3
Pemetaan muatan atau isi RPP Matematika SMP
4
Penyusunan RPP Matematika SMP
KELOMPOK KOMPETENSI G PENILAIAN 1 DAN GEOMETRI 2 Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Pengertian penilaian, pengukuran, dan evaluasi dalam pembelajaran.
2
Jenis dan bentuk penilaian.
3
Pengertian tes dan nontes.
4
Fungsi, dan prinsip-prinsip penilaian dalam proses pembelajaran.
5
Penilaian autentik dalam pembelajaran matematika.
6
Aspek-aspek penilaian dan komponen penilaian hasil belajar.
7
Penilaian pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
8
Prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
9
Mengolah dan menyusun laporan hasil penilaian proses dan hasil belajar.
10
Pengertian tentang kriteria ketuntasan belajar minimal (KKM).
11
Pelaporan hasil penilaian, program remedial, dan program pengayaan.
KELOMPOK KOMPETENSI H PENILAIAN 2 DAN PEMAANFAATAN MEDIA UNTUK PROFESIONALISME GURU Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Instrumen Penilaian Tes dan Nontes
2
Kualitas instrumen penilaian
3
Konstruksi Tes
KELOMPOK KOMPETENSI I PEMAANFAATAN MEDIA DAN PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Pengertian dan Macam Media Pembelajaran
2
Fungsi dan Manfaat Media dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs
3
Pemilihan Media dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs
4
Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs.
KELOMPOK KOMPETENSI J REFLEKSI, PTK, DAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN GURU Ruang lingkup materi dalam modul guru pembelajar ini meliputi:
1
Konsep Tindakan Reflektif.
2
Pembelajaran Remedi dan Pengayaan
3
Konsep Penelitin Tindakan Kelas
4
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
Berikut ini kami sediakan Buku Manual Guru Pembelajar Untuk Admin, Pengampu Dan Mentor Serta Peserta. Silahkan unduh Buku Manual Guru Pembelajar melalui Link berikut ini : Buku Manual untuk Admin , Buku Manual Pengampu Dan Mentor , Buku Manual Peserta , Modul Dasar TIK , Pedoman Umum Guru Pembelajar . Unduh juga : Modul A Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul B Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul C Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul D Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul E Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul F Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul G Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul H Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul I Guru Pembelajar Matematika SMP , Modul J Guru Pembelajar Matematika SMP ,
Post a Comment